Sabtu, 28 November 2009

BAB 3 MENGGUNAKAN E-MAIL UNTUK KOMUNIKASI


E-mail (Electronic Mail) adalah suatu cara untuk mengirim pesan dalam format data electronic dari satu computer ke computer lainnya.
• Terdapat dua jenis layanan e-mail, yaitu e-mail yang berbasis web dan e-mail yang berbasis client.
• Pengguna e-mail pada umumnya memungkinkan data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat.
• Pengguna e-mail memiliki sebuah kotak surat yang disebut mailbox yang tersimpan dalam mailserver.
• Alamat e-mail pada umumnya terdiri atas dua bagian utama, yaitu mailbox dan nama computer dimana mailbox tersubut berada.
• Alamat e-mail bersifat unik sehingga tidak mugkin ada dua orang yang berbeda memiliki alamat e-mail yang sama.
• Mailserver merupakan computer tempat melitakkan mailbox, sedangkan setiap pengguna e- mail dapat kita sebut sebagai client.
• Beberapa pengguna e-mail dapat membentuk sebuah kelompok yang diwakili oleh sebuah alamat e-mail, kelompok semacam ini disebut milis (Mailing list)
• Tujuan dibuatnya sebuah milis adalah atas dasar kesamaan minat atau kepentinga anggotanya.
• Attachment memungkinkan sesorang untuk menyertakan berkas lain (dapat berupa dokumen, gambar, video, dan bahkan musik) ke dalam e-mail.
• Yahoo mail memberikan fasilitas untuk pengelolaan e-mail, menghapus e-mail, mengosongkan e-mail, untuk memindahkan e-mail ke folder khusus yang dinginkan.
• Etika dalam menggunakan e-mail sama dengan etika dalam menulis sura biasa.
• Etika dalam berkomunikasi melalui e-mail dikenal dengan istilah netiquette atau internetetiquette.

E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit).
Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah:
• Membuat alamat email contoh: info@g-excess.com
• Mengetahui Username & Password dari email; “Account dan kata sandi”.
• Mengetahui E-mail yang di tuju.
Di internet sudah banyak penyedia layanan Email gratis, seperti diwww.yahoo.com, www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.
kita bisa membuat email secara gratis di sana.

.
Dalam mengirim email kita dapat melampirkan file-file yang kita butuhkan. Dengan cara :
• Buka email kita
• Klik compose atau tulis
• Sebelumnya kita tulis subject dan untuk siapa email itu akan dikirim. Dalam tampilan compose terdapat “CC” yang berarti alamat tambahan
• Klik attachment file bila kita ingin melampirkan file
• Setelah muncul tampilan attachment file, kita pilih file mana yang akan kita lampirkan
• Klik attach file
• Klik continue message
• Klik Send beberapa email yang terkumpul dalam suatu group disebut mailing list.

Perbedaan email dengan surat biasa ( surat yang menggunakan prangko) adalah:
E-Mail:
1. Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+- 1 menit)
2. Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat rumah)
3. Cukup dengan adanya jaringan internet
4. Keamanan data / surat terjamin.

Surat Biasa (Berperangko)
1. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko).
2. Pengalamatan Rumah / Kantor
3. Membutuhkan waktu lama
4. Keamanan Surat kurang terjamin
Perbedaan lain antara Email dengan Surat biasa adalah:
Surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar