Jumat, 11 Juni 2010

BAB 8 KELAS X : Manajemen File

Menggunakan Menu Pull-down

Untuk memilh perintah pada menu pull-down, hanya tinggal mengarahkan penunnjuk mouse ke menu yang akan dipilih. Selanjutnya, klik kiri tombol mouse atau dengan menggunakan kombinasi tombol kerboard (Alt+karakter).

B. Membuat Folder

File-file pada suatu computer biasanya disimpan pada suatu folder. Penggunaan folder sangat bermanfaat untuk mengatur lingkungan kerja agar lebih mudah dalam pencarian file tertetu.

1) Aktifkan Windows Explorer

2) Klik my computer yang akan menampilkan semua direktori

3) Selanjutnya pilih direktori yang diinginkan misalnya di C

4) Pilih menu File-New-Folder,selanjutnya akan muncul folder baru.

5) Ganti nama folder menggunakan Rename.




C. Menggunakan Drag and Drop

Untuk memindahkan file dapat dilakukan dengan cara drag-drop. Cara ini merupakn cara yang mudah, karena kita tinggal memindahkan ikon file ke lokasi / folder yang dinginkan.

1) Tekan dan tahan tombol kiri mouse

2) Geser penunjuk mouse ke folder yang dituju

3) Setelah ikon file berada di atas folder lepaskan tombol

mouse.Secara otomatis akan tersalin.

4) Untuk memastikan bahwa file sudah benar-benar disalin, kamu tinggal

membuka folder tersebut

D. Mengenal Tipe File

TIPE FILE

EKSTENSI

FUNGSI

Excutable

Exe,com,bin

Menjalankan program bahasa mesin

Batch

Bat, sh

Untuk memberi perintah ke command interpreter























Word Processor

Wap, tex, rrf, doc

File dengan format word processor























Multimedia

Mpeg, mov, rm

File binary yang mempunyai audio atau video























Archive

Arc, zip, tar

Sekumpulan file yang dikelompokan jadi satu.























Source code

c, cc, java, pas, asm

Sebagai kode sumber untuk berbagai macam program




E. Mengelola File

1.Mengganti Nama File

· Pilih file yang akan dig anti namamya

· Pilih menu file kemudian pilih perintah Rename

· Ketik nama file baru kemudian tekan tommbol enter

2.Memanggil File

· Pilih file yang akan di buka

· Pilih menu file

· Pilih open with

· Pilih aplikasi di bawah kolom programs

· Jika program aplikasi yang dimaksud tdk ada,dapt di cari melalui browse

· Tekan tombol OK

3.Mengedit file

Untuk mengedit suatu file,terlebih dulu file tersebut harus di buka.yaitu melalui jendela properties.

Untuk mengubah tingkat akses suatu file:

v Pilih file yang akan di setting

v Klik tombol kanan mouse pada file tsb kemudian pilih properties

v Pada kotak dialog properties,pilih tab general

v Pada pilihan attributes tandai pilihan read-only agar file hanya dapat dibaca tanpa dapt di ubah.tandai pilihan hidden apabila kamu ingin agar file tidak dapat terlihat.

4.Menyimpan file

Untuk menyimpan file dapat di gunakan perintah save atau save as.jika menggunakan perintah save, perubahan akan langsung menggunakan nama file yang sama.Sedangkan apabila menggunakan perintah save as,sama seperti save,tetapi kita dapat menyimpan perubahan menggunakan nama file yang berbeda.

F. Memformat Disket

1. Masukan floppy disk ke dalam floppy disk drive pada komputermu

2. Buka windows explorer atau klik dua kali ikon my computer

3. Klik satu kali ikon drive dimana floppy disk berada

4. Klik kanan ikon drive a kemudian pilih format.

5. Pada kotak dialog format ditampilkan jenis ,kapasitas,file system dan volume label

6. Jika tidak ingin memformat disket tanpa pemeriksaan fisik disket ,tandai kotak plihan quick format.

7. Klik tombol start untuk memulai proses format.

8. Stelah format selesai,klik tombol OK.




G. Menyalin File ke Media Penyimpanan

Semakin pesatnya perkembangan teknologi, sekarang semakin banyak jenis media penyimpanan.Selain menyimpan file ke disket,saat ini kita dapat menyimpan file ke compact disc(CD),flash disk,handphone.dan sebagainya. Selain itu bebrbagai macam cara juga dapat di gunakan untuk melakukan penyimpanan file seperti menggunakan kabel data, infrared,Bluetooth,dan sebagainya.

Contoh:

· Harddisk ke Disket

· Harddisk ke compact disc ( CD )

· Compact disc ke disket







BAB 7 KELAS X : Melakukan Setting Periferal

MENGINSTAL PRINTER

langkah - langkah:
1. Klik menu Start > Control Panel > Printers and Faxes2. Double click pada Printers and Faxes untuk membuka jendela Printers and Faxes3. Pilih menu File pada baris menu kemudian klik perintah Add Printer
4. Pilih Add Printer pada menu Control Panel jika sudah diatur
5. Akan tampil, kotak dialog Add Printer Wizard > Next untuk proses instalasi


6. Tentukan lokasi printer. Apabila printer terhubung langsung dengan komputer pilih Local printer attached to this computer. Jika tidak pilih pilihan kedua > Next
7. Pilih port yang akan digunakan > Next
8. Pilih jenis driver dari printer yang akan digunakan. Jika tidak terdapat didaftar, tekan tombol Have Disk untuk meng-install melalui disket atau CD > Next9. Komputer akan menampilkan kotak dialog berisi nama printer. Isi nama printer pada kotak kosong yang tersedia > Next
10. Tentukan apakah printer akan digunakan dengan cara berbagi dengan pengguna lain atau tidak > next
11. Akan tampil spesifikasi printer yang akan di - install > Finish
Cara lain dapat dilakukan, melalui langkah - langkah berikut.
1. Buka Control Panel > Printers and Faxes yang akan menampilkan ikon - ikon printer yang terdapat pada komputer.
2. Klik kanan ikon printer yang akan diubah settingnya
3. Komputer akan menampilkan menu dengan beberapa perintah

- Set as Default Printer, apabila akan membuat printer sebagai printer utama
- Printer Preferences, untuk menampilkan jendelea setting printer, seperti pengaturan ukuran kertas
- Pause Printing, untuk menghentikan aktivitas printer
- Properties, untuk menampilkan jendela Properties dari printer. Mengatur port, sharing, warna, pengujian printer dan sebagainya.

Melakukan Setting Display

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur tampilan layar/desktop pada computer/laptop kita :
1. klik kanan pada mouse
2. lalu tekan menu Properties.
3. kemudian akan muncul beberapa tampilan menu pada Display Properties yaitu themes , desktop ,screen saver , appearance , dan settings .

# Themes
Themes adalah gambar latar belakang pada layar computer . yang di dalam nya itu meliputi ikon,sound,tampilan ,screensaver,lain-lainnya lagi. Kita dapat memili tampilan layar sesuai dengan keinginan kita.
Untuk mengatur themes pada laptop/komputer anda .

1. Pilih menu themes , lalu pilih themes yang anda inginkan .
misalnya seperti gambar pada contoh di bawah ini :
2. Setelah selesai mengatur themes yang anda inginkan . klik apply untuk melihat sementara tampilan themes yang sudah anda atur sebelumnya.

# Desktop
Desktop adalah gambar latar belakang pada computer kita. Kita dapat mengganti nya sesuai dengan keinginan kita.
Kemudian untuk mengatur background pada laptop/computer anda .

1. Pilih menu desktop yang tedapat pada tampilan display Properties . lalu pilih salah satu background yang anda inginkan .
Misanlya seperti pada contoh gambar di bawah ini :
2. Setelah selesai mengatur desktop/background yang ada inginkan . klik apply untuk melihat tampilan sementara desktop/background yang anda sudah atur sebelumnya.

#Screen saver
Screen saver adalah salah satu fasilitas pada saat layar monitor kita sedang kosong dengan berisi gambar yang bergerak dalam jangka waktu .
kemudian untuk mengatur screen saver pada laptop/computer anda.

1. Pilih menu screen saver yang terdapat pada tampilan Display Properties . lalu pilih salah satu screen saver yang anda inginkan .
Misalnya seperti pada contoh gambar di bawah ini :
2.setelah selesai mengatur sreen saver yang anda inginkan . klik apply untuk melihat tampilan sementara screen saver yang anda sudah anda sebelumnya.

# Appereance
Appereance adalah tampilan warna untuk mengubah warna desktop dan baris menu ,serta ukuran huruf menu dan ikon pada computer anda.

kemudian untuk mengatur appearance pada laptop/computer anda .
1. pilih menu appearance yang terdapat pada tampilan Display properties.
2.lalu tekan windows and buttons, lalu pilih salah satunya..
3.untuk mengatur color scheme . tekan color scheme lalu pilih salah satu color/warna yang anda inginkan .
4.Untuk mengatur font size . tekan font size lalu pilih salah satu font size yang anda iningkan .
5.setelah selesai anda mengatur semua Apperance klik apply untuk melihat sementara tampilan yang anda inginkan.

#Settings
Settings adalah fasilitas untuk mengatur refolusi monitor serta kualitas warna pada computer kita.

Setelah semua menu Display Properties selesai anda atur . klik OK . agar tampilan pada kompiter/laptop anda akan berubah menjadi yang anda inginkan


Melakukan Regional Setting

Regional setting sangat berguna dan menentukan aturan penulisan formula (syntax) dalam excel, misalnya jika anda menggunakan regional setting English (US) tanda koma maka pada regional setting Indonesia akan menjadi ;, dan lain-lain.

Untuk memudahkan formula yang saya gunakan dalam bahasan tutorial selanjutnya, akan menggunakan regional setting English(US).

Jika komputer kamu menggunakan regional setting Indonesia, untuk sementara silahkan ubah regional setting tersebut. prosedur untuk mengubah regional setting tersebut adalah:

1. Pada start menu, plih setting > Control Panel
2. Pada kotak dialog Control Panel, Klik icon Regional Setting
3. Pada tab Regional Option, pilih English (United States)

Kamis, 10 Juni 2010

BAB 6 KELAS X : Menggunakan Sistem Operasi



A. Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi (Operating System)

S

istem operasi merupakan program utama untuk menjalankan suatu computer. Sistem operasi mengontrol penggunaan dari bagian-bagian yang berbeda dalam suatu komputer. MS-DOS, Windows, OS/2, Unix dan Linux merupakan contoh sistem operasi yang sering digunakan.

Sistem operasi dilihat dari apa yang dilakukannya mempunyai fungsi berikut :

  1. Sebagai antarmuka antara pengguna dengan hardware.
  2. Memungkinkan adanya pemakaian bersama hardware maupun data anta pengguna.
  3. Pengatur penjadwalan resource untuk pengguna misalnya pemakaian CPU dan alat input atau output secara bergantian.
  4. Menyediakan fasilitas sistem operasi misalnya menyediakan fasilitas interrupt.
  5. Menunjukan lokasi dimana pengguna dapat mengeksekusi program-programnya.
  6. Membuat sistem komputer nyaman untuk digunakan.
  7. Mengefisiensikan hardware komputer.


  1. Membedakan Operating System (OS) dan Basic Input Output system (BIOS)

1. System Operating (OS)

Sistem operasi adalah suatu program yang bertindak sebagai perantara antara pengguna

(user) dengan perangkat keras (hardware). Sistem Operasi berfungsi untuk mengelola

seluruh sumber daya yang terdapat pada suatu sistem komputer.

Berdasarkan jenis antarmuka yang disediakan, sistem operasi dapat dibedakan menjadi 2, yaitu sebagai berikut.

1) Text Based adalah mengetikkan perintah menggunakan keyboard yang berupa suatu kumpulan teks yang merupakan suatu perintah untuk melakukan sesuatu. Contoh sistem operasi Text Based yaitu MS-DOS.

2) GUI (Graphical User Interface) based adalah pengguna komputer dapat memasukkan perintah dengan cara mengetikkan sekumpulan teks pada jendela prompt dan dengan mengklik menu ikon berupa gambar. Contoh sistem operasi jenis GUI yaitu Microsoft Windows.

2. Basic Input and Output. System (BIOS)

Basic Input and Output System (BIOS) merupakan suatu software yang tersimpan di Read Only Memory (ROM) pada motherboath. BIOS berisi kumpulan device driver yang menyimpan informasi mengenai hardware yang terdapat pada komputer.

BIOS juga mengatur low level input/output (I/O) seperti mengatur pembacaan karakter dari keyboard dan menampilkannya ke monitor.

Untuk melakukan pengaturan pada BIOS dapat dilakukkan dengan menekan tombol Del atau Delete pada keyboard beberapa kali pada saat komputer dinyalakan. Akan tetapi untuk beberapa jenis BIOS dari manufacturer tertentu ada yang dilakukkan denganh menjkan tombol yang berbeda seperti tombol F1,F10 dsb,hal ini tergantung dari produsen yang membuat BIOS tersebut.

C. Sistem Operasi dan Program Aplikasi yang Terpasang

Aplikasi pengolah kata yang dapat digunakan pada MS-DOS adalah Word Star, sedangkan untuk Linux dapat menggunakan Open Office untuk melakukan pengilahan kata. Untuk menjalankan suatu aplikasi pada berbagai macam sistem operasi pada saat proses pemrograman harus memasukan berbagai macam instruksi sesuai dengan fasilitas yang disediakan oleh berbagai macam OS.

Kernel merupakan inti dari sebuah sistem operasi yang bekerja menangani resource dan kinerja hardware.

D. Mendeskripsikan Sistem Operasi yang Terpasang

  1. MS-DOS

MS-DOS merupakan sistem operasi dengan tampilan text based.

Perintah MS-DOS dibagi menjadi 2 macam yaitu :

a). Perintah internal merupakan bagian dari command.com.

b). Perintah eksternal apabila digunakan oleh pengguna komputer dan disimpan

dalam disk. Dimana file yang dieksekusi adalah file yang mempunyai ekstensi seperti COM, EXE dan BAT.

Berikiut ini adalah perintah dalam MS-DOS : CD, DIR, DATE, DISKCOPY, COPY,FORMAT, SYS, DEL, CLS, EXIT, RENAME, PRIN





  1. Microsoft Windows

Microsoft Windows atau sering disebut windows merupakan sistem operasi yang menggunakan antaramuka GUI (graphical user interface) dimana tampilan dari sistem operasi ini sangat memudahkan pengguna dalam bekerja.





3. Linux

Linux dikembangkan oleh Linus Torvalds. Kode sumber linux disebarluaskan secara bebas dengan liensi GPL (General Public License). Saat ini banyak Linux yang beredar Slackware, RedHat, SUSE, Madrake, Ubuntu dsb.

Linux mempunyai beberapa fitur seperti multitasking, multiuser, multiplatform dan multiprocessor.




E. Mengelola Program Aplikasi

Bug yang mempunyai nama lengkap software bug merupakan sebuah error, kesalahan, atau kegagalan sebuah program untuk bekerja sebagaimana mestinya.

Untuk membuang atau melakukkan Uninstall suatu program aplikasi dapat dilakukkan melalui 2 cara berikut :

1) Cara pertama adalah menggunakan fasilitas Uninstall yang terdapat pada

aplikasi tersebut. dengan cara menekan tombol start lalu pilih All Programs

selanjutnya arahkan penunjuk mouse ke program yang akan dibuang.

2) Cara kedua melalui control panel dengan melakukan berbagai macam.

pengaturan seperti mengelola perangkat keras (hardware) mengelola

tampilan (display), mengatur huruf (font). Selanjutnya pilih Add or Remove

Programs untuk menambahkan atau membuang program

BAB 5 KELAS X : Sikap, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunkasi


A. Mengidentifikasi Aturan-aturan yang Berkaitan dengan Etika dan Moral terhadap Perangkat Lunak yang Digunakan

1. Hak Cipta Perangkat Lunak (Software) yang digunakan
Fungsi software :
-memberikan instruksi kepada hardware agar dapat berfungsi dengan baik
-sarana komunikasi antara hardware atau komputer dengan penggunanya

Pemerintah Indonesia mempunyai Undang-Undang Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk memberikan perlindungan hukum dari pembajakan maupun tindakan melawan hukum lainnnya.
Cth : Pasal 12 ayat 1 Unang-undang Hak Cipta (UUHC) Nomor 19 tahun 2002, Hak cipta menurut Pasal 2 ayat 1 Undang-undang Nomor 19 tahun 2002, Program komputer menurut Pasal 1 ayat 8 Undang-undang Nomor 19 tahun 2002.

Contoh program komputer yang dilindungi Undang-undang :
Aplikasi Microsoft Office, Adobe Acrobat, Macromedia Flash, dan Microsoft Windows.

2. Menghindari Illegal Copy
Kehadiran perangkat teknologi seperti DVD-RW, CD-RW, dan external storage membuat kegiatan illegal copy.
Sebagai warga negara yang baik, harus menghindari kegiatan illegal copy, karena kegiatan ini sangat bertentangan dengan Undang-undang Hak Cipta (UUHC)

3. Menghindari Kegiatan Modifikasi atau Mengubah Suatu Program
Harus menghindari kegiatan modifikasi program komputer milik orang lin tanpa izin, apalagi jika program komputer tersebut telah didaftarkan dan mempunyai hak cipta

4. Masa Berlaku Hak Cipta
Suatu program komputer dilindungi selama 50 thun sejak pertama kali diterbitkan , diatur dalam UUHC Nomor 19 tahun 2002 Pasal 30.

5. Ketentuan Pidana Pelanggaran Hak Cipta
Pelanggaran terhadap Hak Cipta diancam dengan Pasal 72 Undang-Undang Hak Cipta (UUHC) Nomor 19 tahun 2002.
6. Pembatasan Hak Cipta
Perbuatan yang tidak melanggar hak cipta adalah jika kita mencantumkan sumber dari karya yang kita gunakan atau modifikasi.
Hal ini diatur dalam Pasal 15 Undang-Undang Hak Cipta (UUHC) Nomor 19 tahun 2002


B. Mengidentifikasi Syarat-syarat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam Mengguankan Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi

1. Menggunakan Komputer dengan Posisi yang Benar
Salah satu penyebab utama dampak negatif : posisi duduk

Posisi duduk yang kurang baik untuk kesehatan :



Posisi duduk yang baik untuk kesehatan :




2. Menggunakan Komputer dengan Prosedur yang Benar

Yang perlu diperhatikan ketika menghidupkan dan mematikan komputer. Menyalakannya dengan benar, dan mematikannya jika telah selesai digunakan.
Jangan membiarkan komputer terlalu lama hidup / dalam kondisi idle, ini akan menyebabkan pemborosan listrik.



C. Menghargai Hasil Karya Orang Lain

Dalam bidang teknologi informasi, kita menghargai hasil karya dan kreasi orang lain dengan cara :
a.Menggunakan perangkat lunak yang asli
b.Menghindari duplikasi, membajak, atau menyalin tanpa seizin hak pencipta
c.Menghindari modifikasi perangkat lunak tanpa izin pemilik hak cipta
d.Tidak digunakan untuk kriminal
e.Tidak memperjualbelikan suatu produk atau karya orang lain tanpa izin

Penanggulangan hak cipta juga dapat dilakukan dengan cara :
a.mendaftarkan karya yang dibuat untuk emndapatkan sertifikat yang akan memperkuat hak cipta karya yang dibuat secara hukum.
b.Memantau kegiatan pemasaran, jika ingin memperjualbelikan karya yang dibuat. Akan membuat masyarakat tau siapa pemegang hak atas karya tersebut.
c.Jika menemukan tindakan pelanggaran hak cipta, kita harus me
lakukan tindakan nyata berupa teguran, peringatan, atau gugatan terhadap pelanggaran tersebut

BAB 4 KELAS X : Mengenal Macam-macam Jaringan Komputer

A. JARINGAN KOMPUTER

Konsep awal jaringan komputer : adanya kebutuhan untuk saling berbagi informasi dan sumber daya yang dimilki oleh setiap komputer.
Jaringan Komputer adalah suatu kumpulan computer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan atau dapat juga didefinisikan sebagai suatu interkoneksi dari beberapa system computer yang berada dalam lokasi yang berbeda.
Jaringan computer mengizinkan beberapa pengguna untuk mengakses data dan program secara bersamaan.Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel ( wireless ) sehingga dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama menggunakan hardware dan software yang terhubung dengan jaringan.Setiap computer, printer atau peripheral yang terhubung dengan jaringan disebut node.

Manfaat yang diperoleh dengan membangun jaringan computer :
1. Berbagi sumber daya ( sharing resources )
Bertujuan : agar seluruh program, peralatan, atau peripheral lainnya yang dimanfaatkan oleh setiap orang yang menggunakan jaringan computer tanpa pengaruh oleh lokasi maupun pengguna lain.
2. Media Komunikasi
Jaringan computer memungkinkan terjadinya komunikasi antarpengguna, baik untuk teleconfence maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting.
3. Integrasi data
Data yang terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pengguna untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
4. Pengembangan dan pemeliharaan
Pengembangan peralatan dilakukan mudah dan menghemat biaya.Jaringan computer dalam merawat harddisk misalnya, untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus pengguna cukup memusatkan pada harddisk yang terdapat dalam computer pusat ( server ).
5. Keamanan Data
Sistem jaringan computer dapat memberikan perlindungan terdapat data.teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
6. Sumber Daya lebih efisien dan informasi terbaru
Data atau informasi yang diakses selalu terbaru karena setiap terdapat perubahan yang terjadi dapat segera diketahui oleh setiap pengguna.
7. Reliabilitas tinggi
Semua file dapat disimpan atau di-copy ke dua,tiga atau lebih computer yang terhubung dengan jaringan, sehingga apabila salah satu mesin rusak maka salinan di mesin yang lain dapat tetap digunakan.


B.Mengindentifikasi Macam-macam Jaringan Komputer

Berdasarkan jarak dan area kerjanya, jaringan computer dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu :

Local Area Network ( LAN ), Metropolitan Arean Network ( MAN ), Wide Area Network ( WAN ).
1. Local Area Network ( LAN)
Merupakan sejumlah computer dengan seperangkat pendukungnay seperti printer yang terhubung dan saling berkomunikasi dalam area tertentu yang berukuran sampai beberapa kilometer misalnya didalam satu kantor, gedung, atau kampus.LAN bukan system yang terhubung dengan lingkungan luar ( seperti Internet ) menggunakan telepon atau jalur data lainnya.Berdasarkan struktur, terdpat dua tipe jaringan LAN, yaitu peer to peer dan client/server network.

A.Peer to Peer Network
Pada jaringa peer to peer, semua node mempunyai kedudukan yang sama dengan node lainnya dan mempunyai tipe software yang sama mendukung pertukaran sumber daya.Beberapa system operasi client seperti Windows 9x, Windows 2000 Professional, Windows Me, Windows XP, dan Macintosh mendukung jaringan peer to peer.

B.Client/Server Network
Pada jaringan client/server hanya satu computer yang bertugas sebagai server dan computer lain berperan sebagai client.Setiap computer dapat berbagi proses dan penyimpanan dengan server pusat.Contoh umum jaringan client/server adalah suatu database yang dapat diakses oleh beberapa computer yang berbeda jaringan.Database disimpan dalam server jaringan sesuai dengan program database yang digunakan.

Berdasarkan kecepatan transmisi datanya, LAN dapat digolongkan ke dalam tiga kelompok, yaitu :
- Low Speed PC Network
Kecepatannya kurang dari 1 Mbps dan biasanya diterapkan untuk personal computer.Contoh : Omninet dari Corvus Systems ( network bus ), Apple Talk dari Apple Corporation.
- Medium Speed Network
Kecepatannya antara 1 sampai 20 Mbps dan biasanya untik mini computer.Contoh: Ethernet dari Xerox, ARCnet dari Datapoint Corporation.
- High Speed Network
Kecepatannya lebih dari 20 Mbps dan biasanya diterapkan untuk mainframe computer.Contoh : Loosely Coupled Network dari Control Data Corporation dan Hyper Channel dari Network System Corporation.

Personal Area Network ( PAN ) merupakan bagian dari LAN, yaitu jaringan computer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat computer dengan orang yang menggunakannya.

2. Metropolitan Area Network ( MAN )
MAN pada dasarnya merupakn versi lain LAN, yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.MAN merupakan jaringan dalam skala besar yang menghubungkan beberapa LAN.MAN biasanya menggunakan aturan kecepatan tinggi.Man dapat mencakup kota dan mampu menunjang dat dan suara bahkan dapat berhubungan dengan jaringan telepon kabel.

3. Wide Area Network ( WAN )
WAN merupakan dua atau lebih LAN yang terhubung satu sama lain,WAN mencakup daerah geografis yang luas,yaitu sebuah Negara bahkan benua.Contoh, suatu perusahaan mempunyai kantor pusat di suatu kota dan kantor pemasaran di kota lain.

C.Topologi Jaringan

Topologi Jaringan merupakan suatu gambaran cara mnenghubungkan computer satu dengan computer yang lainnya.Topologi Jaringan yang sering digunakan adalah topologi bus, star, ring, tree (hierarchy), dan mesh.

1. Topologi Bus
Menghubungkan computer satu dengan yang lainnnnya secara berantai ( daisy-shain ) dengan perantara suatu kabel yang umumnya berupa kabel tunggal jenis koaksial ( coaxcial ).Semua node dihubungkan secara seri menggunakan kabel.
Untuk menghubungkan computer ke jaringan digunakan konektor BNC.Kabel koaksial tersebut dihubungkan ke computer dengan konektor BNC tipe yang mempunyai cabang untuk dihubungkan ke kartu jaringan ( network adapter ) computer.Topologi bus digunakan untuk jaringan computer yang sangat sederhana dengak kecepatan 10 Mbsp.
Keuntungan:
- Hemat kabel dan harganya lebih murah
- Layout kabel sederhana
- Jika salah satu computer mati maka tidak akan mengganggu computer lain
- Mudah dikembangkan
Kerugian :
- Deteksi dan isolasi kesalahan yang sangat kecil
- Kepadatan lalu lintas data
- Apabila salah satu client rusak atau kabel putus maka jaringan tidak berfungsi
- Diperlukan repeater untuk jarak jauh




2. Topologi Bintang ( star )
Merupakan topologi jaringan yang paling sering digunakan.Pada jaringan ini semua computer dihubungkan dengan suatu perangkat yang disebut hub,beberapa hub disebut intelligent hubs dapat mengontrol lalu lintas pengiriman data dan membantu mencegah terjadinya collisions.Jika hub terganggu maka semua node yang dihubungkan ke hub tersebut tidak dapat saling bekomunikasi.

Hub berfungsi untuk menerima sinyal-sinyal dari suatu computer dan meneruskan ke semua computer yang terhubung dengan hub.
Keuntungan :
- Fleksibilitas tinggi
- Penambahan atau perubahan computer sangat mudah
- Kontrol terpusat
- Kemudahan deteksi dan isolasi
- Jumlah pengguna computer lebih banyak daripada topologi
Kerugian :
- Boros kabel
- Perlu penanganan khusus
- Jika konsentrator atau hub rusak maka seluruh jaringan yang berada dalam satu hub akan rusak.





3. Topologi Lingkaran ( Ring )
Topologi ini mirip dengan topologi bus, tetapi ujung-ujungnya saling berhubungan membentuk suatu lingkaran.Topologi ring menghubungkan node-node pada jaringan dengan membentuk lingkaran dengan cara setiap node dihubungkan dengan node berikutnya.
Keuntungan :
- Hemat kabel
- Dapat menghindari tabrakan file data yang dikirim
- Mudah untuk membangunnya
- Semua computer pada jaringan mempunyai status yang sama
Kerugiannya :
- Peka terhadap kesalahan
- Pengembangan jaringan yang lebih kaku
- Apabila kabel putus maka semua computer tidak dapat digunakan





4. Topologi Tree ( Hierarchy )
Meruapakan kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus.Topologi tree terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone.hub satu dengan hub dengan lainnya sebagai jalur tulang punggung ( backbone ) yang mempunyai topologi bus.
Keuntungan :
- Mendukung komunikasi point-of-point
- Mudah untuk dikembangkan
- Control manajemen lebih mudah
- Didukung oleh hardware dan software dari beberapa perusahaan

Kerugian :
- Panjang dari setiap bagian sangat tergantung pada jenis kabel yang digunakan
- Jika jalur backbone putus maka semua bagian akan rusak
- Dapat terjadi tabrakan file data ( collision )
- Lebih sulit untuk mengkonfigurasi dan memasang kabel daripada topologi lain




5. Topologi Mesh
Jaringan dengan topologi mesh mempunyai jalu ganda dari setiap perangkat pada jaringan.Pada jaringan mesh yang murni setiap perangkat jaringan dihubungkan satu sama lain menggunakan jalur ganda untuk hub-hub utama sebagai jalur cadangan jika terjadi masalah di jalur utama.



D.Protokol-protokol LAN

Protokol adalah peratur
an-peraturan yang dibuat agar perangkat jaringan antara computer satu dengan lainnya dapat saling berkomunikasi dengan baik.Protokol yang digunakan untuk jaringan LAN adalah Ethernet, Token Ring, FDDI ( Fiber Distributed Data Interface ) dan ATM ( Asynchronous Transfer Mode).

1. Ethernet
Merupakan teknologi layer fisik dan data link untuk Local Area Network ( LAN ).Protokol Ethernet merupakan protocol LAN yang paling banyak digunakan karena berkemampuan tinggi dengan biaya yang murah.

2. Token Ring
Diciptkan oleh perusahaan IBM menggunakan topologi berupa suatu lingkaran atau ring,yaitu computer-komputer diletakkan disekeliling lingkaran tersebut.kecepatan 4 Mbps dan 16 Mbps yang masih lambat.Komputer-komputer dihubungkan dengan jaringan token ring melalui suatu hub khusus untuk token ring disebut Multistation Access Unit ( MAU)

3. Fiber Distributed Data Interface ( FDDI )
Diciptakan oleh American National Standards Institute ( ANSI ) adalah protocol yang menggunakan lingkaran fiber optic ganda yang terdiri atas lingkaran primer dan sekunder.digunakan untuk pengiriman data.Lingkaran primer sebagai jaringan utam,Sekunder digunakan saat lingkaran primer rusak.

Jaringan FDDI kecepatannya 100 Mbps melalui media serat optic.Media serat optic digunakan FDDI adalah kabel multi-mode fiber optic tipe 62.5/125 pm.Lingkaran jaringan FDDI mencapai panjang 200 km dengan jumlah maksimal 500 komputer.Jarak maksimum antarkomputer 2 km.FDDI sarana penggunaan kabel tembaga ( cooper ) disebut Cooper Distributed Data Interface ( CDDI).
Keuntungan :
- Bandwitch yang sangat besar
- Tidak terganggu oleh sinyal listrik
- Mempunyai kemampuan untuk pemakaian jarak jauh

4. ATM
Asynchronous Transfer Mode ( ATM ) merupakan protocol yang diatur oleh suatu badan international ITUT ( International Telecommunications Union for Telecommunication Standardization Sector ) yang menggunakan ukuran frame dengan panjang tetap sebesar 53 byte yang disebut sel.
ATM menggunakan referensi modelnya sendiri.ATM sangat cepat dan dapat mempunyai bandwitch yang sangat besar menggunakan jalur transmisi cepat seperti SONET, DS-1,OC-3,OC-12,T3,FDDI 100Mbps dan fiber channel 155 Mbps.ATM dapat mengirimkan informasi berupa gambar,suara,maupun data.ATM menggunakan suatu metode yang disebut Quality of Service ( QOS ).


5. Model-model Referensi

a. Model Referensi OSI
OSI ( Open System Interconnection ) merupakan salah satu standar dalam protocol jaringan yang dikembangkan oleh ISO ( International Standarddization Organization ).
Tujuan :
- Menjadi patokan untuk perkembangkan prosedur komunikasi pada masa yang akan dating
- Mengatasi hubungan yang muncul antarpengguna
- Membagi permasalahan prosedur
- Memenuhi kebutuhan pengguna

Lapisan model referensi OSI:
- Physical layer : untuk menentukan karakteristik dari kabel
- Data link layer : menentukan protokol untuk pertukaran frame data yang melewati kabel
- Network layer : yang bertanggungjawab untuk menentukan rute paket ke tujuan yang seharusnya
- Transport layer : untuk menerima data dari session layer, memecah data menjadi bagian-bagian yang lebih kecil
- Session layer : untuk menetapkan session dengan pengguna lainnya
- Presentation layer : untuk melakukan terjemahan struktur data diantar berbagai arsitektur
- Application layer : untuk menyediakan akses tingkat aplikasi ke jaringan.

b. Model Referensi TCP/IP
Digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pemerintah.TCP merupakn kumpulan dari protokol-protokol yang digunakan untuk mengatur komunikasi data di dalam jaringan internet atau jarinagn yang luas.
Tujuan : agar data atau informasi yang dikirimkan dapat sampai ke komputer tujuaan dengan tepat.
Keempat layer TCP :
- Network Interface layer : untuk menerima data dari dan ke media fisik.
- Internet layer : tugas mengirimkan data kealamat yang tepat pada tujuan.
- Transport layer : untuk mengadakan kontak dan mengatur aliran data antara dua host atau komputer.
- Application layer : tempat untuk semua aplikasi yang menggunakan protokol TCP
Perbedaan model OSI dan TCP/IP :
- TCP mengkombinasikan presentation layer dan session layer pada lapisan aplikasi.
- TCP menggabungkan data link dan physical layer menjadi satu lapisan.

E.Mengindentifikasi Perbedaan LAN dan WAN

Dalam jaringan computer,terdpat dua atau lebih computer yang dihubungkan melalui suatu media dan perangkat komunikasi data yang bertujuan untuk berkomunikasi dan berbagi sumber daya seperti pertukaran data dan printer.
1. Local Area Network ( LAN )
Merupakan sejumlah computer dengan perangkat pendukungnya yang terhubung dan saling berkomunikasi dalam area tertentu yang tidak terlalu luas, seperti dalam satu kantor atau gedung.
2. Wide Area Network ( WAN )
Merupakan gabungan dari LAN yang ruang lingkupnya dapat berupa satu lokasi, misalnya gedung bertingkat atau juga dapat tersebar di beberapa lokasi diseluruh dunia.

3. Perbedaan Gateway, Router, Hub, Switch, dan Bridge






a.Gateway
adalah sebuah computer khusu yang dapat melakukan perubahan ( translation ) sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi antardua atau lebih system yang berbeda pada jaringan computer.

b.Router
Merupakan alat yang dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan computer yang berbeda juga pengarah paket menuju jaringan yang diinginkan.Fungsinya : penyeleksian data yang ditransfer pada tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara bridge.
Router merupakan sebauh peralatan jaringan yang mempunyai dua fungsi utama :
- Menentukan rute terbaik untuk menuju ke tujuan
- Memindahkan data dari sumber ke tujuan
Router dapat berupa hardware maupun software :
- Router hardware, contoh Cisco,juniper, 3COM
- PC based router
Router dibagi menjadi dua :
- Static routing
Berarti routing table diubah secarmanual sehingga jika terjadi perubahan routing table harus dilakukan secara manual oleh administratornya.
- Dynamic routing
Merupakan routing yang dapat berubah secara cepat melalui proses update berkala dan sebagai respon terhadap perubahan link cost.

c.Bridge
Merupakan sebuah alat pada jaringan computer yang berfungsi untuk memisahkan sebuah jaringan yang luas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
Bridge akan menyeleksi data dengan cara mengeliminasi traffic yang tidak dibutuhkan dan meminimalkan peluang-peluang tabrakan dan dapat membagi traffic menjadi bagian-bagian tertentu dan melakukan filtering traffic berdasarkan MAC address

d.Hub
Merupakan sebuah alat yang bekerja di physical player pada OSI.Hub berfungsi sebagai konsentrator untuk menghubungkan komputer-komputer dalan konfigurasi star.
Keuntungan hub adalah fleksibilitas yang dimiliki,sehingga setiap client dapat ditambahkan setiap waktu tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi.
Tiga tipe hub dipasaran :
- Passive hubs
Hub-hub pasif tidak memperkuat sinyak elektrik dari paket-paket data yang masuk
- Active hubs
Hub-hub aktif yang memperkuat sinyal paket
- Intelligent hubs
Hub yang mempunyai fitur ekstra dari active hubs

e.Switch
Merupakn bridge yang mempunyai banyak port dan mempunyai domain collision tersendiri pada setiap portnya.
Kelebihannya :
- Mampu menginspeksi paket-paket
- Mampu menentukan sumber dan tujuan
- Mampu mem-forward paket-paket dengan tepat

F.Prinsip Komunikasi Data
Tujuan : untuk pertukaran data antar dua entitas.
Elemen kunci dari komunikasi :
- Source ( sumber ) : perangkat yang membangkitkan data untuk transmisi.contoh telepon dan komputer.
- Transmitter ( pemancar ) : untuk mengubah dan mengkodekan data dan informasi yang ditransmisi sesuai dengan karakteristik sistem transmisi.contoh sinyal digital dari komputer
- Transmission system : media transmisi yang dapat berupa line transmisi tunggal maupun jaringan yang kompleks yang menhubungkan sumber dan tujuan.
- Receiver : menerima sinyal dari sistem transmisi dan mengubahnya kebentuk yang dapat ditangani oleh perangkat tujuan.contoh modem mengubah sinyal analog datang dari jaringan
- Destination : mengambil data yang datang dari receiver

Direct link digunakan untuk mengacu pada lintasan transmisi antardua perangkat dimana sinyal merambat dari transmitteer ke receiver tanpa perangkat.

G.Beberapa Macam Media Komunikasi
- Telepon / fax
Keuntungan komunikais telepon memungkinkan untuk melakukan diskusi jarak jauh.Dengan teknologi fax, dokumen tertulis dapat dikodekan dengan suara yang dapat disalurkan melalui telepon.
- Media Massa
Publikasi kegiatan organisasi atau produk barang dan jasa perusahaan umumnya dilakukan dengan bantuan media massa,baik media cetak seperti koran dan majalah, maupun suara atau gambar melalui radio dan televisi.
- Internet
Internet merupakan jaringan komputer untuk kepentingan pengiriman pesan atau surat.


H. Komunikasi Menggunakan Media Kabel dan Nirkabel

Dapat membangun jaringan komputer dengan menggunakan dua kategori media transmisi yaitu : Terarah (guided / wireline) dgn menggunakan kabel, dan tidak terarah (unguided / wireless)
1. Media Transmisi Menggunakan Media Kabel
Contoh :

a. Twisted Pair
Kabel berpasangan, dimana kabel tersebut dililitkan dengan pasangannya.
Ada pada kabel jaringan telepon.
Lebih cepat dibandingkan dengan kabel jenis koaksial.
1. Unshielded Twisted Pair (UTP)
Mempunyai diameter eksternal 0.43 cm, maka menjadi mudah pada saat instalasi.



Karateristik kabel UTP :
-Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps
-Biaya rata-rata per node murah
-Media dan ukuran konektor kecil
-Panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek)

Keunggulan kabel UTP :
-mudah dipasang
-ukuran yang kecil
-harganya lebih murah
-rentan terhadap efek interferensi elektrik yang berasal dari media lainnya

2. Shielded Twisted Pair (STP)
Kabel STP mengkombinasikan teknik-teknik perlindungan dan antisipasi tekukan kabel.
STP memberikan jaminan proteksi jaringan dari interferensi-interferensi eksternal.
STP tidak dapat digunakan dengan jarak lebih jauh seperti media-media lain tanpa bantuan perangkat penguat.

Karateristik Kabel STP :
-Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps
-Biaya rata-rata per node lebih mahal dibandingkan dengan UTP dan coax
-Media dan ukuran konektor medium
-Panjng kabel maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek)

b. Coaxial Cable ( Kabel Koaksial)
Dapat dijalankan tanpa banyak membutuhkan bantuan repeater sebagai penguat untuk komunikasi jarak jauh diantara node network, meski dapat diikutsertakan untuk meregenerasi sinyal-sinyal.
Digunakan untuk jaringan skala kecil, antara 5-10 komputer.
Terdapat pada kabel antena.
Untuk distribusi televisi, transmisi telepon jarak jauh, link pada sistem komputer, dan jaringan lokal.

Karateristik kabel koaksial :
-Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps
-Biaya rata-rata per node murah
-Media dan ukuran konektor medium
-Panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 500 meter (medium)

c. Fiber Optic ( Serat Kaca )
Digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional dan untuk antarlantai atau antar gedung
Keuntungan-keuntungan memakai fiber optic :
-Beroprasi pada kecepatan tinggi
-Mampu membawa paket-paket berkapasitas besar
-Sinyal-sinyal dapat ditransmisikan lebih jauh tanpa memerlukan perlakuan “refresh” atau dipekuat
-Daya tahan kuat terhadap impas elektromagnetik
-Membutuhkan biaya perawatan relatif lebih murah

Tipe-tipe Kabel fiber optic :
-Single mode
-Multimode
-Plastic optical fiber

Karateristik fiber optic :
-Kecepatan dan keluaran 100+ Mbps
-Biaya rata-rata per node cukup mahal
-Media dan ukuran konektor kecil
-Panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 2 kn (panjang)






2. Media Transmisi Menggunakan Media Nirkabel
Terdapat 2 tipe konfigurasi untuk transmisi wireless : directional & omnidirectional

3 range frekuensi umum dalam transmisi wireless :
a. Frekuensi microwave dengan range 2-40 Gh, untuk transmisi point-to-point. Juga digunakan untuk transmisi satelit
b. Frekuensi dalam range 30 Mhz-1 Ghz, untuk aplikasi omnidirectional. Untuk range broadcast radio.
c. Range frekuensi antara 300-200-000 Ghz, untuk aplikasi lokal yaitu spektrum infra merah. Untuk aplikasi point-to-point & multipoint dalam area terbatas.

a.Terrestrial microwave
b.Satellite Microwave
c.Broadcast Radio
d.Infrared
e.Bluetooth

I. Menggambarkan Antarmuka Komputer dengan Saluran Komunikasi
Langkah-langkah menghubungkan koneksi internet melalui saluran telepon rumah, misalnya dengan menggunakan Telkomnet Instan :
1.Klik Start pada taskbar-Control Panel
2.Pilih Network and Internet Connnections
3.Klik Network Connections
4.Klik Create a new connection pada Network Tasks di jendela sebelah kiri
5.Tekan tombol Next, pada jendela New Connections Wizard
6.Pilih Connect to the Internet-Next
7.Pilih Set up my connection manually-Next
8.Pilih Connect using a dial-up modem-Next
9.Masukan nama ISP dibawah kolom ISP Name. Contoh : “Telkomnet Instan”
10.Masukan nomor telepon untuk dial ke ISP tersebut. Contoh : “080989999”
11.Masukan username, dan password. Contoh : Username :”telkomnet@instan” dan Password juga Confirm Password :”telkom”
12.Siap dihubungkan dengan internet, Tekan tombol Finish
13.Untuk melakukan koneksi Internet, dapat langsung mengklik ikon koneksi yang sudah terbentuk atau melalui menu Connect To melalui tombol start pada taskbar
14.Jika koneksi terjadi akan muncul kotak “Connecting Telkomnet Instan...”
15.Jika sudah terkoneksi dapat dilihat keepatan koneksi Telkomnet Instan malalui kotak “Telkomnet Instan Status”

J. Komunikasi Data Antarkomputer dalam LAN

LAN digunakan dua macam konfigurasi jaringan, yaitu Peer to Peer dan Client/server.Peer to Peer digunaka untuk koneksi dengan jumlah komputer yang tidak terlalu banyak.Peer to Peer digunakan untuk menghubungkan dua komputer untuk pertukaran data.Kabel yang digunakan adalah Kabel cross-over.
Jaringan cliebt digunakan untuk jaringan yang besar yang mempunyai banyak koneksi antar komputernya.server bertindak sebagai penyimpanan data dan aplikasi yang digunakan dan dishare oleh komputer lain.